Membandingkan Loyalitas Pengguna Android dan iOS


Putraadam.biz - dikutip dari halaman kompas tekno pada tanggal 11 Maret 2018 tentang Perbandingan kesetiaan antara pengguna Smartphone Android dan iOS. jika dilihat dari statistik Customer Retention didapat informasi, bahwa Pengguna Android semakin enggan beralih ke perangkat lain salah satunya iOS. Tingkat loyalitas para pengguna Android ini terus meningkat, mencapai 91% menurut laporan terbaru dari Firma consumer Intelligence Research Partners (CIRP). 

CIRP melaporkan bahwa kesetiaan para pengguna Android meningkat dan stabil sejak awal tahun 2016 yang lalu. bisa dilihat dari gambar statistik berikut ini:
Garis Merah (Android) Garis Biru (iOS)

Dari statistik tersebut diperoleh informasi bawah pengguna Android terus mengalami peningkatan sejak awal tahun 2016. Meskipun pada awal tahun 2014 yang lalu Kesetiaan pengguna iOS lebih tinggi dibandingkan dengan Android. Waktu itu kesetian pengguna iOS mencapai 83 persen, sementara Android hanya 78 persen. yang artinya para pengguna Android lebih mudah untuk beralih ke iOS. Namun pada akhir tahun 2014 pengguna iOS dan Android memiliki tingkat kesetian yagn hampir sama. Kemudian secara perlahan loyalitas pengguna Android mulai memuncak hingga mencapai 91% pada akhir tahun 2017 yang lalu.

Jika dilihat sebenarnya loyalitas para pengguna iOS juga meningkat, akan tetapi tidak setinggi loyalitas pengguna Android. Yang perlu dicatat, penelitian tentang tingakt loyalitas ini mengambil sampel pengguna di Amerika Serikat. Selain itu, basis pengguna Android sendiri lebih besar dibandingkan dengan pengguna iOS. 

"Karena basis pengguna yang tinggi, angka absolut yang beralih ke iOS dari Android tetap besar atau lebih besar dibandingkan dengan penggun yang beralih ke Android dari iOS," kata Mike Levin.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon